Randy Rahman Hussen merupakan prakatisi digital dan trainer digital marketing berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Beliau memiliki peran penting dalam mengembangkan dunia digital marketing Demak. Ia juga dikenal sebagai pemilik PT.Cendekia Muda Kreatif dan trainer di Lembaga Pelatihan Campus Digital. Ia juga sudah tersertifikasi BNSP, yang menunjukan Tingkat keahliannya di bidang digital marketing. Randy telah melakukan praktisi dan trainer digital marketing sudah di berbagai kota di Jawa Tengah salah satunya Demak.
Cara mengundang randy sebagai praktisi atau trainer digital marketing seperti di Demak. Anda dapat menghubungi beliau melalaui melalui Instagram di @randyrahman_h melalui website campusdigital.id Atau dapat menemui beliau secara langsung pada saat selesai pelatihan.
Materi Pengenalan Digital Marketing untuk UMKM :
1. Pentingnya Digital Marketing untuk UMKM
Relevansi dan Urgensi: Mengapa UMKM perlu beralih ke digital marketing dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat.
Peluang dan Tantangan: Potensi digital marketing dalam membuka pasar baru dan tantangan yang mungkin dihadapi UMKM.
2. Dasar-dasar Digital Marketing
Definisi Digital Marketing: Penjelasan tentang apa itu digital marketing dan bagaimana ia berbeda dari marketing tradisional.
Komponen Utama: Pengantar mengenai elemen-elemen kunci dalam digital marketing seperti SEO, media sosial, email marketing, dan content marketing.
3. Membangun Kehadiran Online
Website untuk UMKM: Pentingnya memiliki website sebagai basis kehadiran online, tips membuat website yang user-friendly dan mobile-friendly.
Optimalisasi Mesin Pencari (SEO): Dasar-dasar SEO yang mudah diterapkan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari.
4. Pemanfaatan Media Sosial
Pilih Platform yang Tepat: Menentukan platform media sosial yang paling cocok untuk jenis usaha tertentu (misalnya, Facebook, Instagram, atau WhatsApp).
Konten yang Menarik: Strategi membuat konten yang relevan dan menarik bagi target audiens, termasuk tips untuk meningkatkan engagement.
5. Content Marketing untuk UMKM
Pentingnya Konten: Mengapa konten berkualitas penting untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada.
Strategi Konten: Cara membuat rencana konten yang sesuai dengan tujuan bisnis dan bagaimana mengukur efektivitasnya.